Gagah Health : Pantangan/Larangan Bagi Penderita Diabetes

gagahone.blogspot.co.id/ : Teman Hangat Anda Saat Minum Kopi

GagahNews,- Diabetes adalah jenis penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini biasanya dipengaruhi oleh factor genetic atau keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat. Akibat dari penyakit diabetes banyak sekali nikmat kehidupan yang harus dilupakan karena dengan melupakan hal-hal yang dimaksud di atas maka kesempatan hidup dapat sedikit bertambah. 

Salah satu kenikmatan hidup yang harus dilupakan adalah dengan masalah makanan yang dimakan. Hal ini dikarenakan begitu banyak pantangan atau larangan yang harus diikuti oleh penderita diabetes. Akan tetapi setiap pantangan yang dimaksud di atas memiliki tujuan penting antara lain:

  • Menjalani diet sehat
  • Menjaga gula darah agar tetap normal
  • Menjaga berat badan ideal
  • Menghindari komplikasi


Mendukung tujuan-tujuan tersebut di atas, maka seorang penderita diabetes harus mengontrol nafsunya untuk menghindari makanan-makanan berikut ini:

1. Gula
Sebagai orang Indonesia, banyak makanan memakai gula untuk menambah kenikmatan, bahkan ada istilah masakan manis semakin nikmat makanannya. Namun, bagi para diabetesi tipe II diharapkan untuk sedikit saja mengonsumsi gula demi menjaga gula darah tetap normal. 



Ganti kukis atau permen dengan makanan tinggi gizi seperti buah, sayur dan biji-bijian. Lebih baik mengurangi makanan manis tinggi gula bukan, daripada berisiko untuk mengalami kerusakan mata, kerusakan saraf, gangguan kulit dan penyakit ginjal.




2. Lemak
Batasi makanan tinggi lemak dalam menu makanan diabetesi tipe II yang tinggi kalori. Mengonsumsi makanan tinggi kalor dapat menyebabkan obesitas. 

Obesitas akan mempersulit kehidupan diabetesi, tapi juga jadi salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi dan asma. Lebih baik, pilih makanan lemak nabati dalam menu makan Anda yang bisa didapatkan dari avokad, kacang-kacangan.


3. Karbohidrat
Karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh sebagai bensin yang menggerakan tubuh. Namun untuk para diabetesi disarankan memilih sumber karbohidrat dengan bijak karena pilihan karbohidrat bisa memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. 


Misalnya dengan memilih beras merah atau beras hitam, kentang, bisa jadi pilihan.


4. Alkohol
Menurut American Diabetes Association jika gula darah sedang dalam kondisi terkontrol baik, bisa saja konsumsi alkohol yang diminum terbatas, yakni satu gelas per hari untuk perempuan dan pria dua gelas per hari. Tapi jika berlebihan mengonsumsi alkohol dapat berdampak negatif pada gula darah dan tak baik untuk kesehatan jantung.


Itulah beberapa informasi yang dapat kami bagi untuk anda agar kalian yang memiliki keluarga penderita diabetes dapat menghindari makanan-makanan yang disebutkan di atas tadi.

Jagalah kesehatan anda semua, karena dengan menjaga kesehatan kita juga menjaga keluarga kita.

0 Response to "Gagah Health : Pantangan/Larangan Bagi Penderita Diabetes"

Posting Komentar