Gagah Health : Segudang Manfaat/Khasiat Buah Semangka

gagahone.blogspot.co.id : Teman Hangat Anda Sambil Minum Kopi.


gagahone.blogspot.co.id,- Semangka merupakan salah satu jenis buah yang cukup mudah kita jumpai di pasar, minimarket, bahkan supermarket. Semangka berada dalam posisi jenis buah multi kalangan, maksudnya semua jenis kalangan menyukai semangka, baik itu semua kalangan usia, kalangan ekonomi, dan semua kalangan profesi. Semangka adalah anggota dari keluarga Cucurbitaceae botani. Setiap satu cangkir semangka (yang dipotong dadu) mengandung:
·         43 kalori
·         0  gram lemak
·         2 gram natrium
·         11 gram karbohidrat (termasuk 9 gram gula dan 1 gram serat)
·         1 gram serat
Satu cangkir semangka akan memberikan 17% dari vitamin A, 21% vitamin C, 2% dari besi dan 1% dari kebutuhan kalsium untuk hari.
Berikut merupakan penjabaran dari kandungan semangka menurut Wikipedia.
Semangka atau tembikai adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus


Kandungan Gizi

Jumlah Per 
Kalori (kcal) 30
Jumlah Lemak 0,2 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh-ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh-tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Sodium 1 mg
Potasium 112 mg
Jumlah Karbohidrat 8 g
Serat pangan 0,4 g
Gula 6 g
Protein 0,6 g

Vitamin A
569 IU
Vitamin C
8,1 mg
Kalsium
7 mg
Zat besi
0,2 mg
Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
10 mg

Di balik nutrisinya tersebut, buah semangka ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan kecantikan. Selengkapnya berikut ini :
1.    Menjaga penuaan dini
Seperti apa yang telah disebutkan di atas, begitu banyak kandungan nutrisi dalam semangka. Nutrisi pada semangka, seperti likopen, vitamin A dan C, menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit, menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan pada semangka membantu timbunan radikal bebas pada tubuh. Konsumsilah buah semangka dengan teratur, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit indah anda.
2.    Menjaga kelembaban kulit
Kulit anda kering? Semangka dapat dijadikan asupan buah terbaik untuk masalah tersebut, karena kadar air yang melimpah pada buah ini. Selain memberi kelembapan kulit, mengkonsumsi semangka juga menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi.
3.    Mengurangi minyak pada wajah
Pori-pori kulit yang membesar dapat memicu kelenjar minyak bersekresi berlebih. Buah semangka dengan kandungan Vitamin A nya, dapat meminimalisir  permasalahan minyak di wajah.
4.    Meremajakan kulit
Masker semangka dapat meremajakan kulit yang kusam. Sangat baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang mati.
5.    Mencegah Penyakit Ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Sakit pada bagian pinggang menunjukkan gejala sakit ginjal, dan hal ini biasanya dikarenakan kekurangan mingkonsumsi air putih dalam kehidupan sehari-hari. Kalium yang terkandung dalam buah semangka, membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal. Dan tentunya karena kadar air yang banyak terdapat di dalam semangka maka membantu memproduksi urine sehingga membuat saluran air kemih menjadi lebih bersih.
6.    Mencegah Sariawan
Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bekteri di mulut. Selain itu, buah semangka juga banyak mengandung Vitamin C yang mampu mencegah sariawan pada mulut.
7.    Mencegah Hipertensi dan stroke
Buah semangka mengandung karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi. Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium juga menyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung.
8.    Anti Inflamasi dan Antioksidan
Semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid  dalam semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. Triterpenoid juga hadir dalam semangka, yang memberikan dukungan anti inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim yang biasanya menyebabkan peningkatan inflamasi. Pastikan untuk memilih semangka matang, karena mengandung jumlah senyawa fenolik yang lebih tinggi.
9.    Otot Nyeri
Semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet. Para peneliti percaya ini mungkin karena asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.
10.       Obat kuat yang alami
Konsumsi semangka pada pria dapat mengurangi dan mengobati impoten. Penelitian ini dituturkan oleh  Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Tentu saja semangka tidak menimbulkan efek samping seperti yang terjadi pada orang yang mengkonsumsi obat  kuat, sehingga semangka jauh lebih aman jika digunakan atau dimanfaatkan untuk vitalitas pria dewasa.
11.                       Menjaga kesehatan tulang
Buah semangka selain dapat menyegarkan karena kandungan air di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Semangka mampu menjaga kesehatan tulang karena semangka kaya akan likopen yang dapat membantu menjaga kalsium dalam tubuh. Sehingga tulangpun akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos
12.                       Mengurangi lemak dalam tubuh
Saat ini anda mengalami masalah bobot tubuh atau obesitas? Maka semangka salah satu solusinya. Semangka mampu mengurangi lemak yang ada ditubuh, sama halnya seperti manfaat tomat, semangkapun bisa digunakan sarana penunjang diet anda karena semangka telah tebukti mampu mengurangi jumlah lemak.
13.                       Menjaga kesehatan mata
Permasalahan pada penghilangan atau mata biasanya berhubungan dengan apa yang dikonsumsi dan kandungan vitamin A dalam tubuh. Semangka mengandung banyak sekali vitamin A sehingga bisa membantu menjaga agar mata kita tetap sehat tidak mudah rabun baik itu rabut dekat ataupun jauh.
14.                       Melancarkan pencernaan
Buah semangka juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan kita dan sangat baik sekali untuk ibu hamil karena ibu hamil cenderung sekali terkena sembelit
15.                       Mencegah penyakit diabetes
Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat di manfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula, dan kalori.


Daftar Pustaka :
http://manfaat.co.id/10-manfaat-buah-semangka-bagi-kecantikan-dan-kesehatan

http://inkesehatan.blogspot.co.id/2014/10/25-manfaat-semangka-bagi-kesehatan-dan.html

http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2013/10/manfaat-semangka-bagi-kesehatan-tubuh.html

http://manfaatnyasehat.com/manfaat-buah-semangka-untuk-kesehatan/

http://www.indonews.co.id/1000-manfaat-dan-khasiat-buah-semangka-bagi-kesehatan/

http://cakrawalasehat.blogspot.co.id/2014/08/manfaat-buah-semangka.html

http://disehat.com/manfaat-buah-semangka-untuk-kesehatan-ibu-hamil/

https://id.wikipedia.org/wiki/Semangka


1 Response to "Gagah Health : Segudang Manfaat/Khasiat Buah Semangka"