Gagah Health : Pengertian Diabetes dan Insulin

gagahone.blogspot.co.id/ : “Teman Hangat Anda Sambil Minum Kopi”

Gagah News,- Dewasa ini sering sekali kita mendengar istilah nama penyakit yang sangat ditakuti, salah satunya adalah diabetes. Diabetes menjadi nama yang penyakit yang sering kita jumpai seakan-akan familiar namun dibalik namanya yang terkenal tersebut, ternyata penyakit ini memiliki sebuah dampak yang sangat besar dalam hidup, hal inilah yang menjadikan nama diabetes menjadi nama yang familiar namun menakutkan. Menderita diabetes sama halnya dengan semua nikmat Tuhan telah diambil oleh penyakit itu. Hal ini dikarebakan begitu banyak pantangan ataupun larangan yang tidak boleh dilakukan jika mengidap diabetes, tujuannya untuk menambah kesempatan hidup lebih lama bagi pengidap penyakit ini. Beberapa hal penjelasan di atas, apakah para pembaca telah mengetahui apakah diabetes itu? Kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa artikel yang berhubungan dengan diabetes, sehingga pembaca sekalian dapat menghindari penyakit ini sehingga hidup akan terasa jauh lebih nikmat.

Pengertian Diabetes
Berbicara mengenai pengertian diabetes, kami memiliki beberapa refrensi yang membahas mengenai masalah ini. diabetesindo.weebly.com/ menjelaskan bahwa “Diabetes atau Diabetes Mellitus (DM), dalam bahasa Yunani memiliki arti tembus atau pancuran air, dan dari bahasa latin memiliki arti rasa manis, sedang di Indonesia DM lebih dikenal dengan penyakit kencing manis, di mana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah menjadi tinggi karena tubuh tidak dapat memproduksi atau mengeluarkan insulin secara cukup.’Selain itu, anggaputra.com/ mengungkapkan ‘Penyakit Kencing Manis/Diabetes Melitus adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi karena gangguan metabolisme yang terjadi dalam tubuh.’ Sumber lain menjelaskan ‘Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol. Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi.’ (doktergaul.net/)
Sedangkan kamusq.com menjelaskan ‘Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan sekresi insulin.’Pendapat lain menerangkan ‘Diabetes Mellitus adalah penyakit yang mempengaruhi gula darah, hal ini terjadi karena glukosa (gula sederhana) di dalam darah terlalu tinggi. Sehingga tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar atau tidak sempurna.’(senyawahati321.blogspot.com/)
Melalui beberapa penjelasan mengenai Diabetes di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Diabetes Mellitus adalah penyakit yang disebabkan karena insulin yang dihasilkan di pancreas tidak dapat bekerja normal sehingga gula darah dalam tubuh tidak dapat diubah menjadi tenaga dan gula darah tersebut tertimbun dalam saluran darah tubuh kita.

Pengertian Insulin
Pembahasan kita dari awal, sering kita singgung mengenai sesuatu yang bernama insulin, akan tetapi apakah insulin itu sebenarnya? Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas, sebuah organ di samping lambung. Hormon ini melekatkan dirinya pada reseptor-reseptor yang ada pada dinding sel. Insulin bertugas untuk membuka reseptor pada dinding sel agar glukosa memasuki sel. Lalu sel-sel tersebut mengubah glukosa menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Pada dasarnya tubuh mengolah gula dan karbohidrat dalam makanan untuk dijadikan glukosa. Glukosa adalah zat yang berguna untuk memberikan energi pada tubuh. Glukosa tersebut dikonversi menjadi energi dalam aliran darah dengan bantuan insulin dan hormone. 
Insulin ini memiliki kepentingan yang istimewa dalam tubuh kita. Insulin dihasilkan di pancreas. Pankreas memiliki tugas memproduksi insulin yang digunakan mengolah glukosa menjadi sumber energi. Karena pankreas pada penderita diabetes gagal mengolah gula menjadi energi, maka terjadilah resistensi insulin. Tubuh kemudian akan mencari sumber energi alternatif dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh.
Setelah melihat penjelasan di atas tentunya penting kita menjaga kesehatan kita, dan mari kita hentikan penyebaran diabetes di bumi Indonesia tercinta ini dengan melakukan budaya hidup sehat. inilah catatan kesehatan penting yang dapat http://www.gagahone.blogspot.co.id/ bagikan untuk pembaca setia dimanapun berada. Mohon bantuannya untuk share informasi ini melalui media sosial teman-teman semua untuk orang terdekat kita agar kita dapat menjadi orang yang menjaga keluarga kita dengan baik.

0 Response to "Gagah Health : Pengertian Diabetes dan Insulin"

Posting Komentar